Panduan singkat Strategi pertahanan dalam permainan Clash of Clans, oleh Clasher Andrew Lai.




Setelah bermain main dan menjelajahi situs clashofclans.wikia.com, serta menemukan berbagai artikel artikel menarik plus luar biasa seputar topik CoC,

Perhatian saya mulai teralihkan oleh artikel yang berjudul

"Andrew Lai's Strategy Guide/Ch.3-Layouts."

Seperti pada judul di atas, artikel ini ditulis oleh Andrew Lai, memuat berbagai informasi tentang panduan singkat strategi pertahanan dalam permainan Clash of Clan.

Artikel ini tidak hanya lengkap dan juga singkat, namun juga mudah dipahami bagi para pemula, dan Bahkan saya yang bukan player Clash of Clan bisa mengerti dan memahaminya tanpa perlu ada kesulitan.

Artikel ini dibagi menjadi beberapa point penting, yaitu :

DEFENSES atau pertahanan,

TRAPS atau jebakan,

CLAN CASTLE, KING & QUEEN AND SKELETON TRAPS!

BASE DESIGNS atau disain benteng pertahanan, serta

MAKE YOUR OWN BASE!
(Membuat benteng pertahananmu sendiri).

O.k, langsung saja di bawah ini adalah "Panduan singkat Strategi pertahanan dalam permainan Clash of Clans, oleh Clasher Andrew Lai."

Yang saya kutip dari situs clashofclans.wikia.

1. DEFENSES/pertahanan.

Pada dasarnya, Defenses adalah unsur dalam game yang mampu menghentikan serangan musuh terhadap benteng pertahanan milik kita.

Dapat dibedakan menjadi beberapa kategori di bawah

Kerusakan skala kecil atau skala luas, kemampuan target serangan udara, dan terdiri dari beberapa statistik utama,

- Damage per second (DPS), atau kemampuan penghancuran tiap persatuan detik,

- Range atau jarak jangkauan,

- Tipe penghancuran (Type of  damage),

- Target,

- Target utama, dan seterusnya.

Cannon : penghasil kerusakan besar.

Merupakan pertahanan dasar pertama yang tersedia bagi player, dapat berfungsi dengan baik sebagai pertahanan target tunggal.

Hanya mampu menembakkan satu peluru kepada satu troop saja, dapat mengakibatkan kerusakan tingkat menengah hingga tingkat tinggi.

Meskipun demikian, cannon yang perkasa tak mampu menyerang air troops (troops bertipe serangan udara), serta kekurangannya yang hanya mampu meladeni satu target di saat yang sama membuatnya jadi mudah kewalahan.

Lebih disarankan ditempatkan sebagai pertahanan garis depan, dan tak dianjurkan meletakkanya di dekat Town Hall.

Sangat efisien dalam menghalau serangan Giants, namun mudah ditaklukan oleh segerombol troop serta troop bertipe serangan udara.

Archer Tower:

tak begitu tangguh, namu juga belum terlalu berguna. seperti halnya cannons, Archer Tower hanya mampu menangani satu target saja dalam sekali serangan.

Mampu menyerang troops bertipe udara (Air troops), namun kerusakan yang dihasilkan lebih lemah dari cannon.

Sangat berguna dalam menghadapi minions, tapi tetap saja kewalahan menghadapi troops dalam jumlah besar. Seringkali dipasangkan dengan cannons, untuk menangani serangan udara, namun terkadang juga tak begitu efisien dalam menangani serangan udara.

Paling tepat untuk menangani, Giants, air troops dengan level Health rendah.

Mudah dihancurkan oleh sepasukan troops.

Mortar: Splash terror

Merasa kesulitan menghadapi segrombolan troops dengan menggunakan basis pertahanan target tunggal??

Sekarang kejutkan mereka dengan pertahanan multi target yaitu "mortar." Benda ini di desain utuk benar benar tahan terhadap serangan berat,

dikarenakan benda ini adalah yang terpenting dalam setiap levelnya terutama untuk menghadapi serangan masal dari sepasukan troops lawan.

Sekalipun benda ini sangat berguna, namun tetap memiliki 4 kelemahan fatal, antara lain seperti di bawah ini:

Tak mampu melancarkan serangan ke udara, memiliki titik buta, yang berarti troop mampu selamat dari serangan Mortar, jangkauan serangan jarak dekat, tak mampu melancarkan serangan jarak jauh, serta tingkat kerusakan yang dihasilkan persatuan detiknya rendah.

Jangan pernah menempatkan mortars di sebelah tepi desa atau benteng pertahanan, karena akan mengakibatkan lawan mengetahui titik buta dari Mortar itu sendiri.

Paling ampuh menghalau sepasukan troops dengan level
HP rendah, namun mudah dihancurkan oleh

Giants
Healed troops
Air troops
Air defense: Air-space defender

Air Defense

Tak mampu menghalau serangan Troops bertipe darat, namun sangat mematikan jika berhadapan dengan serangan udara.

Harus diletakkan pada medium yang agak tinggi, karena nantinya akan berhadapan dengan serangan udara.

Paling ampuh untuk menghadapi Air troops, namun dapat dihancurkan oleh hampir semua air troops dan juga Land
troops.

Wizard tower: Splash Horror

Wizard tower menghasilkan serangan yang hampir menyerupai mortars. Kerusakan yang dihasilkan lebih sedikit setiap satu serangannya, namun lebih cepat dalam melancarkan serangan serta dapat menjatuhkan air troops juga.

mortars jauh lebih baik dari Wizard towers karena, daya jangkau serangan sangat terbatas, dan lebih banyak menghabiskan biaya dibandingkan mortars. Wizard towers dapat diletakkan di pusat base ataupun di tepi base.

Paling tepat menghadapi
Serangan massif mendadak, baik itu udara maupun darat, dan dapat dihancurkan oleh, troops dengan Health Point tinggi,

Hidden Tesla: powerful electro-horror

Pertahanan tersembunyi yang sangat tangguh dan hanya bisa menangani satu target dalam sekali waktu, dijamin mampu menakuti lawan.

Mampu menghasilkan Damage tingkat tinggi, namun memiliki level Health Point rendah. Khusus Untuk troops berjenis P.E.K.K.A.s, Damage yang dihasilkan akan meningkat 2 kali lipat.

Mampu menghalau serangan sebagian besar troops dengan level HP tinggi, tapi bisa dihancurkan oleh

Sebagian besar troops dengan
DPS tinggi.

X-bow: Rapid damage

Merupakan senjata pertahanan paling tangguh yang pernah ada dalam CoC. Memiliki dua mode serangan, mode Darat, dan dual mode darat dan udara.

Dalam single mode darat, jarak jangkauan X-bow jadi meningkat hingga 14 block, membuatnya menjadi alat pertahanan dengan jarak terjauh yang pernah ada.

Memiliki level health tertinggi, kemampuan penghancuran tertinggi ke dua ketika sampai pada level maksimal, tak terduga jika ditempatkan di tengah/pusat base, dan membutuhkan berbagai troops dengan level tinggi jika ingin menghancurkannya. (giants, golems, dll).

Terbaik untuk menghadapi,
Semuanya terutama golems dan lava hounds, dapat dihancurkan oleh troops dengan HP dan DPS tinggi, troops dengan meat-shield.

Inferno tower: Troop devourer

Pertahanan yang paling tangguh, dan merupakan mimipi buruk bagi troops lawan. Mampu menembakkan api neraka, yang mengakibatkan kerusakan fatal pada satu troop.

Dapat beralih ke mode multi target, dan menghasilkan damage tingkat tinggi, namun sayangnya akan menghilangkan mode pemulihan, sehingga tak dapat berfungsi kembali.

Dapat diisi ulang dengan dark elixir, namun jarak jangkauan serangannya jadi menurun.
Paling tepat menghalau, sepasukan troops dengan level Health Point tinggi, troops yang dilengkapi kemampuan penyembuhan, dan bisa dihancurkan oleh, SepsukanTroops dalam jumlah besar.

2. Traps (jebakan)

Tergolong alat pertahanan spesial dikarenakan, tersembunyi sebelum dipergunakan, dan cuma bisa dipakai sekali, dan harus dipulihkan kembali dengan emas.

Bombs

Merupakan jebakan yang paling murah serta paling kecil, dapat merusak dan menyakiti banyak troops dalam sekali pakai. Terlalu lemah untuk melukai troops dengan HP tinggi.

Ampuh untuk menghadapi, semua troops dengan HP rendah, namun dapat dilewati oleh satu Goblin karena pergerakannya terlalu cepat, dan troops dengan level tertinggi.

Giant bombs

Versi lebih besar dari bombs itu sendiri, mampu menghalau 2 pasukan troop atau lebih, serta lebih mahal dari Bomb itu sendiri. Khusus untuk hog riders, berlaku damage/tingkat kerusakan sebesar 1.5x.

Meskipun demikian, ukurannya yang besar membuatnya mudah terdeteksi. Tempatkan ia di posisi yang tak terduga untuk menghindari kegagalan

Spring Traps

Lumayan powerfull, dapat melontarkan 15 lebih unit troops, hingga mencapai.layar gadget milikmu,,!!! (Yang jelas tak sampai mengenai wajah kamu 😄😄😄😄).

Paling ampuh mengenai Giants, namun mudah dilewati oleh, troops dengan level housing space 16+ keatas.

Air bomb

Seperti namanya, di khususkan untuk meledakkan troops bertipe udara. Paling tepat diletakan dekat dengan pertahanan udara.

Terbaik untuk menghalau, Minion groups
Balloons, tapi mudah di lewati oleh hampir semua troops bertipe udara, terutama Lava Hounds.

Seeking Air Mine

Versi bom udara yang jauh lebih mutakhir lagi. Hanya mampu mengenai satu troops bertipe udara dalam waktu sekali pakai. Namun cukup menimbulkan kerusakan berat, hampir dalam satu kali serangan, bahkan untuk troops sekelas Dragon.

"Lumayan berbahaya,  disarankan berhati hati dalam penggunaannya." Bekerja dengan sangat sempurna jika dikombinasikan dengan air defenses.

Catatan : tak mempan terhadap minions.

3. CLAN CASTLE, KING & QUEEN AND SKELETON TRAPS!

Selain kedua unsur di atas, pertahanan dan jebakan, ada satu kategori lagi yang tak kalah penting, dalam meningkatkan pertahanan base milik kita.

Dalam kategori ini terdiri dari 3 hal, yang merupakan variasi dari pertahanan dan juga jebakan. 3 hal ini harus ditempatkan dengan perhitungan yang tepat, sehingga dapat bekerja dengan sempurna.

Yang pertama adalah,,

Clan castle

Infrastruktur yang satu ini muncul sebagai bekas bangunan runtuh, di awal permainan, dan memerlukan biaya sebesar 40.000, gold untuk membangunnya kembali.

Ketika kamu membangun ulang infrastruktur yang satu ini, mungkin kamu akan di wajibkan untuk bergabung dalam Clan. Namun mungkin banyak di antara kita akan bertanya tanya.

"Bagaimana ini bisa membantu pertahanan benteng milik kita??"

Bukan cuma membantu pertahanan benteng milik kita, melainkan sangatlah penting bagi pertahanan benteng yang kita miliki. Jika kita menjadi anggota dari clan yang masih aktif,

Sesekali kita akan menerima request ataupun bantuan clan castle troops antar pengguna. Sebagai pertahanan, berikut ini adalah beberapa rincian tentang troops yang paling tepat untuk dijadikan pilihan.

Archers :

Troops yang paling tepat untuk dijadikan clan castle troop, karena biaya murah, dan perlahan keluar.

Wizards :

Dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parahh dari Archers, tentunya biaya yang diperlukan lebih mahal.

Dragon :

Agak mahal, namun berkualitas premium (HP tinggi) dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Valkyrie :

Pertahanan yang sangat tangguh, bahkan pasukan barbarian ataupun giant tak bisa mengalahkan troops yang satu ini. wall breakers juga tak bisa membantu banyak.

Sedangkan mekanisme gameplaynya, begitu pasukan troops lawan menyentuh perbatasan wilayah jangkauan clan castle, maka otomatis troops pelindung kita akan muncul satu persatu.

Lawan yang cerdas dapat memancing seluruh troops pertahanan keluar serta kemudian memojokkan mereka, dan akhirnya mengeksekusinya dengan circle of archers/ lightning spell,  (mantra kilat).

Jadi jika kamu adalah tipe  player yang sering merequest clan castle troops, untuk menangani masalah ini, disarankan untuk menempatkan clan castle milik kamu tepat di tengah tengah benteng pertahanan milikmu, sehingga untuk dapat bisa menembus pertahananmu,

Musuh tak punya pilihan lain selain mengorbankan banyak troops miliknya, untuk dapat menghabiskan pertahanan clan castle troops milik kita.

King/ Queen

Sama halnya dengan troops lainnya, hanya saja mereka lebih tangguh dan tak bisa diperintah untuk pergi ke area lainnya.

Direkomemdasikan untuk menempatkannya pada bangunan bangunan penting sebagai bentuk perlindungan, atau bisa juga diletakkan pada bagian dekat dinding pertahanan, untuk mengamankan area.

Skeleton traps

Fungsinya menyerupai clan castle troops, namun faktanya yang satu ini tersembunyi, dan terserah kita ingin menempatkannya di mana, namun disarankan tempat yang tak terduga dan mengejutkan, serta mampu menakuti lawan kita.

4. BASE DESIGNS (bentuk desain benteng milik kita).

Pada dasarnya, ada berbagai bentuk desain base (benteng) yang sudah ada saat ini. Fakta bahwa setiap player bisa menuangkan unsur kreatifitas yang kita punya membuat bentuk desain base yang ada di Clash of Clan jadi nyaris tak terbatas.

Diantara semua desain bentuk base yang ada, berikut ini adalah beberapa desain base dasar yang paling populer di antara para player clash of clan, berikut kekurangan dan kelebihan setiap base tersebut.

Big box base

Yang pertama dan paling dasar adalah Big box base, yaitu dinding pertahanan,  yang berbentuk kotak besar. Tujuan dari desain base ini adalah untuk mengelilingi dan mengurung seluruh infrastruktur yang ada.

Sering kali dipergunakan oleh para player yang masih pemula. Dan bisa dikatakan ini adalah desain yang paling buruk. Mengapa?? Jika pertahanan satu lapis ini bisa ditembus sedikit saja,

Maka semua troopers lawan akan mampu mendapatkan akses atas semua infrastruktur yang ada di dalamnya, dan sisa sebagian besar dinding pertahanan jadi tak berguna.

Tingkat pertahanan :★☆☆☆☆

Split base

Benteng ini memiliki dua atau lebih bagian yang terpisah pisah tiap satu sama lainnya. Tergolong disain yang buruk, karena pada umumnya player beranggapan "jika salah satu berhasil tertembus, sisanya akan tetap bisa bertahan." Ini jelas jelas merupakan pemahaman yang salah,

Karena malahan melemahkan jaringan perlindungan itu sendiri, dan mempermudah sebuah base untuk dihancurkan.

Level ketahanan: ★★☆☆☆

Inner and outer wall

Seperti namanya, memiliki dua lapis dinding pertahanan, dinding pertama berfungsi sebagai pertahanan perlindungan garis depan, serta yang kedua berfungsi sebagai pelindung sumber daya yang kita miliki.

Tingkat ketahanan :★★★☆☆

Cyclone (swirl) bases

Berbentuk spiral, dan ditujukan sebagai pengecoh bagi troopers lawan. Memaksa pasukan troopers lawan untuk bergerak memutar, sehingga mereka dengan mudah di giring menuju zona jebakan. 

Tingkat ketahanan:★★★☆☆

Pocketed (checkered) bases

Menyerupai labirint, terdiri dari banyak bagian bagian dinding pertahanan, sehingga ini menguntungkan bagi kita, mengapa?

Susunan dinding antar dinding tak beraturan membuatnya jadi tak bisa ditebak, serta begitu sulit untuk melakukan manufer apalagi menembusnya.

Tentu saja hal ini akan memperlambat pergerakan troops lawan, hingga mereka mudah terkena jebakan serta pertahanan.

Tingkat ketahanan :★★★★☆

Buat Sendiri Versi Base pertahanan mu sendiri.

Jika semua tipe base di atas tak memenuhi kriteria kita, maka itulah saatnya bagi kita untuk memilih pilihan alternatif, yaitu membuat versi Base kita sendiri.

Untuk dapat membuat sendiri Base atau dinding pertahanan yang baik, ada beberapa kriteria yang harus kita ketahui seperti di bawah ini.

Dasar dasar.

Konsep dinding pertahanan.

Satu komponen yang paling penting dari base atau benteng pertahanan, yaitu dinding penyusun itu sendiri. Kita membutuhkan dinding yang berkualitas baik,

Untuk memperlambat atau bahkan menghentikan troops lawan yang hendak menghancurkan dan menjarah seluruh sumber daya yang kita miliki.

(Barang kali untuk membuat base milik kita tampak seolah olah sulit untuk ditaklukkan. Fakta bahwa Terkadang pikiran manusia sering kali membedakan tingkat kesulitan berdasarkan perbedaan warna dari dinding penyusun base itu sendiri.)

Disarankan memiliki level wall kurang lebih satu level di bawah town hall milik kita, sebelum town hall memperoleh upgrade. Misalnya kita berada pada level th 6, maka level wall milik kita haruslah lv 5. Sedangkan apabila th kita berada pada level 8, maka wall milik kita haruslah lv 7, begitu seterusnya.

Jangan gunakan Dinding berlapis.

Dinding berlapis bukan berarti pertahanan yang kita miliki jadi dua kali lipat. Dikarenakan Wall breakers mampu menghasilkan splash damage, yang artinya, troop ini mampu merusak 2 lapis wall di waktu yang bersamaan.

Selain itu dinding berlapis juga tak ada manfaatnya, karena Archers dan wizards mampu menembakkan serangan melewati dinding berlapis.

Tak ada yang mampu menggantikan peran wall

Beberapa kategori dibawah ini tak bisa menggantikan posisi wall.

Bangunan
Dekorasi
Obstacles
Hambatan
border
Traps & Hidden teslas

Apa saja yang harus berada dalam perlindungan wall?

Dikarenakan Kapasita perlindungan wall tergolong terbatas, kita harus pandai menentukan apa saja yang paling penting dan pantas mendapatkan prioritas perlindungan.

Barracks, army camps, builder huts, spell factory, laboratory

Tergolong dalam kategori yang tak begitu penting, tak selalu dibutuhkan kontribusinya, tak begitu perlu mendapat perlindungan wall

Defenses

Tempatkan dalam perlindungan dinding sebanyak yang kamu bisa, terutama yang bertipe splash defenses, sangat berguna dalam menghalau sepasukan troops.

Penyimpanan sumberdaya.

Sangat penting, dan tentu saja tak perlu dipertanyakan lagi.

Collectors/mines

Tak termasuk dalam kategori yang paling penting. Tak perlu ditempatkan dalam perlindu gan wall.

Town hall

Tergantung apakah kamu farmer atau tidak.

Upgrade yang lebih di prioritaskan.

Memilih yang mana yang harus di upgrade lebih dulu dan menunda apa yang kurang penting, merupakan hal yang sulit dalam Clash of Clans.

Antara player satu dan lainnya memiliki kriteria mereka sendiri. Ada yang mengatakan bahwa mortars yang harus di prioritaskan lebih dulu,

ada pula yang mengatakan teslas lebih penting, dan sebagian lagi berkata air defenses yang paling penting di antara segalanya.

Untuk mempermudah pemahaman hal ini, dibawah ini ada sedikit acuan dasar, tentang apa saja yang pants di upgrade terlebih dahulu. Namun untuk masalah pilihan, tetap player masing masing yang menentukannya.

Cannons (meriam)

Biaya upgrade tergolong paling murah, tak perlu memakan waktu lama untuk proses upgrade. Bukan alat pertahanan terbaik, namun tak ada salahnya untuk melakukan upgrade.

Archer towers

Disarankan untuk melakukan Upgrade hingga pada tahap maksimal, sebelum Townhall menerima proses Upgrade.

Bukan yang paling pertama di utamakan, menerima upgrade hingga level tertinggi.

Mortars

Sangat penting, sebisa mungkin, naikkan level Mortars milikmu hingga pada tahap tertinggi. Makin naik level, biaya upgrade jadi makin mahal.

Lakukan secara bertahap.

Jangan upgrade lebih dari satu Mortars di waktu yang bersamaan, karena setidaknya harus ada Mortars yang aktif berfungsi selama yang satunya memperoleh upgrade/tak berfungsi.

Wizard towers

Semakin Wizard towers ditingkatkan levelnya, maka akan semakin mengerikan jadinya. Namun player harus siap kehilangan sebagian besar gold, jadi jangan mengupgrade lebih dari satu Wizard towers di saat yang sama.

Air defenses.

Sama halnya dengan Wizard towers, Air defenses juga bisa menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan levelnya, mengingat fungsinya sebagai pertahanan dari serangan udara.

Masih menyerupai Wizard towers, Air defenses membutuhkan proses upgrade yang lumayan lama, dan dianjurkan jangan sekali kali melakukan upgrade pada lebih dari satu air defenses, di saat bersamaan.

Hidden teslas

Sedikit agak mahal, dan sangat lambat dalam proses upgrade, tak perlu di prioritaskan, seringkali mendapat upgrade sesudah sebagian defenses.

Mereka sangatlah berguna, jadi jangan terlalu mengabaikan mereka.

X-bows

Termasuk defenses yang sangat powerfull, menuntut banyak gold untuk melakukan Upgrade, tak direkomendasikan untuk di upgrade paling awal.

Paling baik untuk di upgrade paling akhir, sebelum mengupgrade Town Hall, mengingat biayanya yang begitu mahal.

Tak ada salahnya memiliki  x-bows dengan level tertinggi, apabila kita memiliki jumlah gold yang dibutuhkan.

Inferno towers

Sama dengan  x-bows.

Tingkat lanjut

Apakah base milikmu menjadi incaran favorit lawan?

Jalan terbaik untuk menghindari serangan adalah dengan memiliki basis pertshanan terbaik.

Jika base milik kita adalah target yang sangat menggoda, akan sangat rentan bagi kita.

Berikut ini adalah sebagian tips untuk membuat base milik kita sulit untuk di tembus dan ditaklukkan.

Upgrade dinding pertahanan milikmu hingga pada level tertinggi. Hal pertama yang dilihat penyerang, dan pasti mereka akan lebih memilih untuk menyerang base dengan warna wall abu abu terang dari pada yang berwarna ungu gelap.

Kosongkan kolektor dan tambang secara berkala. Kolektor dan tambang adalah target jarahan yang paling mudah serta menguntungkan.

Player pada umumnya lebih suka menyerang dan menjarah base yang memiliki kolektor dan tambang yang masih penuh.

Jangan mengekspose pertahanan terpenting milikmu, seperti halnya mortars serta yang jauh lebih penting pertahanan udara (AIR DEFENSES!).

Base yang hanya dilengkapi air defense, sangat sangat lemah, terutama jika dihadapkan pada serangan pasukan udara, serta healers.

Mengekspose mortars juga dikenal menarik perhatian Barbarian utuk menyerang. Jaga agar total jumlah loot/harta yang kita punya, selalu pada taraf serendah mungkin.

Jika bukan untuk kepentingan upgrade, sebaiknya jangan menyimpan sumberdaya dalam jumlah besar, karena ditakutkan akan menarik perhatian penyerang.

Sebaiknya gunakan sumber daya secara berkala. Tata letak yang baik dan juga desain bentuk benteng pertahanan milik kita(base) juga mampu menakuti para penyerang dan menjauhi base kita.

Funneling

Sangat penting, ide utamanya adalah membuat rute atau desain bentuk base sedemikian rupa, sehingga troops lawan akan terkecoh mengikuti rute yang sudah kita siapkan untuk mereka,

Dan begitu mereka sudah berkumpul di satu titik yang sudah kita tentukan sebelumnya, maka kita bisa menghabisi mereka dengan satu kali amunisi serangan.

Buatkan satu rute di antara wall yang nantinya akan mengarahkan mereka pada jebakan yang telah kita siapkan.

Tempatkan jebakan yang nantinya akan menanti kedatangan mereka, di dalam rute tersebut. (Bombs, Giant bombs,springs bisa jadi pilihan utama, air trap tak direkomendasikan).

Tempatkan defenses yang bertipe splash damage, untuk melindungi areal gap yang sudah kita buat tadi. Lebih banyak defenses, juga lebih baik.

Pastikan defenses yang dipilih nantinya mampu mendatangkan kejutan skaligus kehancuran bagi troopers lawan.

Biasanya beberapa defenses akan berfungsi dengan baik, apabila disejajarkan bersama defenses yang tepat, jadi dianjurkan untuk menempatkannya dengan lebih teliti.

1) Wizard Towers + Mortars

Keduanya bertipe splash damage, yang artinya dapat menghacurkan lebih dari satu target di saat yang sama. Sama sama memiliki kekurangan dan kelebihan yang bisa saling melengkapi.

Mortars bertipe long rage attack, sehingga mampu menyerang troopers lawan dari jarak jauh, tapi memiliki titik buta, yang dapat dengan mudah diketahui lawan.

Wizard Towers lebih lemah dari Mortars namun bisa menutupi kekurangan fatal titik buta Mortars, plus mampu menangani serangan udara. Mortars lebih lambat, tapi lebih kuat dari Wizard Towers. Keduanya cocok untuk di sejajarkan.

2) Archer Towers + Cannons

Sama kasusnya seperti yang di atas. Membandingkan 2 defenses yang bertipe target tunggal, Archer Towers bertipe long rage attack, namun Cannons lebih tangguh dan keduanya lebih cocok dijadikan pertahanan garis depan, melindungi defenses yang bertipe splash damage.

3) Air Defenses + Land-targeting Defenses

Sudah sangat jelas dan paling penting untuk setiap level, terutama untuk Town Hall 7 ke atas. Ketika cannon berhadapan dengan Balloons, tentu saja kita tak berharap melihat kehancuran Defenses milik kita ini, tanpa bisa berkutik di tangan Balloons troopers.

Untuk mencegah bencana tersebut, kita perlu memastikan cannon ditempatkan pada areal jangkauan Air Defenses dan Archer Towers. Berlaku pula pada Mortar.

4)Splash defenses+bombs; Air defenses+air bombs/seeking air mines

Sebaiknya letakkan bombs dekat splash defenses. Ketika bombs berhasil mengurangi sebagian besar troops dengan level HP rendah, splash defense bisa menghabisinya dengan sekali tembakan.

Logika yang sama berlaku pula pada air defenses+air bombs.

X-bow+Splash defenses

Di saat X-bow berhasil melemahkan troopers lawan dengan level DPSnya yang terbilang rendah, splash defenses bisa mengakhirinya dengan sempurna. Berlaku pula dengan mortars.

Cornering

Kebanyakan player cenderung meletakkan builder's huts di sudut sudut map, untuk memperoleh lebih banyak ruang.

Efektivitas dari tehnik ini masih dibilang rendah, karena akan mudah bagi player lain untuk menyerangnya, cukup dengan satu troop saja. Meskipun demikian, metode ini masih tetap direkomendasikan.

Jangan pernah meletakkan lebih dari 50% bangunan di pinggir base, karena tentu saja akan sangat menguntungkan bagi penyerang.

Dalam basis perang antar Clan, sesungguhnya semua harta yang ada dalam penyimpanan kita tak diperuntungkan untuk diri kita sendiri.

Sebenarnya lebih baik meletakkan penyimpanan sumberdaya di sebelah pinggiran map dibandingkan meletakkan builder's huts di sebelah pinggiran map.

Karena penyimpanan sumberdaya di desain dengan HP tinggi, tanpa perlu banyak perlindungan. Memerlukan waktu yang lumanyan lama bagi satu troop untuk dapat menghancurkan satu bangunan ini.

Jangan menempatkan semua penyimpanan pada satu titik saja.

Pisahkan storage atau penyimpanan di titik titik yang berlainan, serta berikan perlindungan di setiap titik tersebut.

Jangan pernah mengumpulkan storage di satu tempat dengan mengandalkan satu wilayah pertahanan saja.

Alasannya sederhana saja. Bayangkan jika serangan segerombol goblin berhasil menembus pertahanan dinding penghalang storage milik kita.

Tentu saja mereka langsung memperoleh akses terhadap semua penyimpanan sumberdaya yang telah kita kumpulkan dalam satu titik. Setiap gold dan elixir akan jadi sasaran jarahan mereka.

Jalan terbaik untuk mencegah hal ini adalah dengan cara memisahkan penyimpanan sumberdaya pada 4 wilayah berbeda.

Hal ini akan memperlambat kinerja troopers lawan, karena harus menerobos 4 pertahanan berbeda.

Strategi Cornerstone, Strategi penempatan dinding/wall.

Intinya adalah, taktik menempatkan dinding dinding tambahan, dalam sudut sudut dinding pelindung utama. Taktik ini menghasilkan segment sudut dinding semi segitiga.

Membuat tampilan base jadi seolah lebih sulit untuk ditembus, dan membuat troopers lawan mengabaikannya, serta tentu saja melindungi bagian dalamnya.

Bahkan dapat digunakan untuk menyalurkan troopers juga. Namun sayangnya tak mempan terhadap ranged troops dan wall breakers. Taktik ini membutuhkan lebih banyak ekstra wall, jadi hanya gunakan taktik ini apabila memiliki ekstra wall.



Postingan terkait: