Marvel Black Phanter, sejarah beserta asal usul karakter

Artikel di bawah ini mengutip dari situs www.villainscafe.com, dengan judul asli Black Phanter Marvel. 


"Tapi terkadang aku merasa perlu membicarakan tentang rumah, tentang hari hari yang telah lama terlupakan, tentang malam yang hilang dalam bayangan, dan tentang asal usul dari seseorang yang dunia luar sebut sebagai Black Phanter."

T’Challa, Black Panther.

Paragraf di atas adalah penggalan kalimat yang di ucapkan oleh Black Phanter alias T’Challa. Sama halnya dengan sosok Superman yang menjadi contoh dasar bagi setiap super hero,

Dan spiderman yang menampilkan seorang anak remaja kurang populer yang menjelma menjadi super hero sidekick terpopuler dan paling dikenal,
Black Phanter adalah sosok super hero pertama yang mempopulerkan Kostum hitam dalam sejarah komik ataupun berbagai modern medium.


Diciptakan oleh
Stan Lee dan Jack Kirby, serta memulai debut pertamanya dalam komik Fantastic Four Issue no.52, yang terbit pada juli 1966.
Sejak saat itu, ia menjadi salah satu karakter Marvel terpopuler serta paling berpengaruh dalam jagat komik superhero.

Lalu apa yang membedakan Black Phanter dengan sosok super hero lainnya? Black Phanter bukanlah sekedar julukan yang diberikan oleh orang orang, melainkan
Black Phanter adalah jabatan yang diberikan dan di emban oleh seorang pemimpin negara fiksi Wakanda.

Menjadi seorang Black Phanter, berarti pula menjadi seorang raja skaligus pelindung serta penyelamat bagi Wakanda, yang tak lain adalah sebuah  negara tersembunyi yang letaknya di Afrika,

Dan juga menjadi negara paling maju di dunia dalam bidang teknologi modern.
Matel Black Phanter juga tak hanya di miliki oleh satu orang saja, melainkan terus diturunkan dari generasi ke generasi.

Biasanya jabatan Black Phanter diturunkan berdasarkan garis keturunan, namun seorang harus berjuang terlebih dahulu untuk dapat bisa memperolehnya.
Salah satu persyaratan menjadi Black Phanter adalah, seorang yang bersangkutan harus bisa mengalahkan Black Phanter generasi sebelumnya, dalam ritual pertarungan.
Jika seorang yang bersangkutan berhasil menyelesaikan tantangan, maka ia harus berpartisipasi dalam beberapa tugas lagi serta ikut serta dalam upacara perayaan, dan akhirnya

Menerima anugrah milik Dewa Phanter dari Wakanda, karena hanya Dewa Phanter yang memiliki kekuasaan atas kekuatan Black Phanter. Dan yang terakhir barulah ia yang bersangkutan memperoleh mantel Black Phanter.
Lalu mengapa seorang Raja menjadikan dirinya Black Phanter? Dan apa alasannya dibalik semua ini? Mengapa mereka melestarikan budaya Black Phanter?

Berikut ini sejarahnya.

Diceritakan dalam sejarah, pada masa dimana ketika bangsa asli Afrika tak diketahui keberadaannya oleh dunia luar, terdapat sebuah suku yang hingga saat ini dikenal dengan nama Wakanda.

Suatu hari tepat ditempat dimana suku Wakanda tinggal, muncullah sebuah benda misterius yang jatuh dari angkasa. Benda tersebut terjatuh menghantam permukaan tanak dan menghasilkan gundukan kawah.

Dengan cepat Klan Wakanda menyimpulkan bahwa itu adalah pemberian dari dewa. Begitu benda tersebut berhenti terbakar, mereka mulai mengumpulkannya, karena
Menganggap menolak pemberian dari dewa adalah sebuah tindakan berdosa. Meteor tersebut kemudian diketahui mengandung unsur mineral yang disebut dengan istilah Vibranium,

Yang tak lain adalah zat metal yang digunakan sebagai bahan dasar membuat perisai milik Captain America. Vibranium dikenal sebagai salah satu zat paling kuat yang ada di jagat Marvel.

Selanjutnya Wakanda ditimpa tragedi, ketika suku lain yang datang dan menjalin kontak dengan Vibranium, berubah menjadi mahluk tak berfikiran, mengerikan, serta barbar yang tak segan segan membantai keluarganya sendiri bahkan terlebih sukunya sendiri.
Mahluk mahluk ini sungguh tak bisa terbendung. Untuk menghentikan semua kegilaan ini, kaum bijaksana dari Klan Wakanda, mulai berdoa dan memohon perlindungan dari Dewa Phanter.

Serta pejuang terbaik Wakanda dan pemimpin yang bernama "Bashenga," mulai mengenakan kostum Phanter, kemudian mereka bertarung dan akhirnya berhasil membunuh mahluk tersebut, disertai berkat dari Dewa Phanter.

"Bashenga," kemudian menutup gundukan kawah tersebut, dan melarang siapapun mendekatinya, karena takut kejadian mengerikan akan terulang kembali.
Sejak saat itu, sosok keberadaan Black Phanter mulai diyakini dan menjadi tradisi yang harus dilestarikan.  namun ternyata, Vibranium sama sekali tak mengutuk T’Challa, melainkan malah memberinya kekuatan.
Lalu bagaimana T’Challa sampai menjadi Black Panther???

Sejarah karakter.

T’Challa lahir dan ditakdirkan menjadi Black Phanter generasi kesepuluh, skaligus seorang raja dan juga pelindung bagi Wakanda.

Kedua orang tuanya, T’Chaka sebagai ayahnya dan ibunya Ratu N’Yami, meninggal setelah melahirkan T’Challa. Sama halnya dengan Raja pada generasi sebelumnya, T’Chaka menyembunyikan negaranya dari dunia luar.

Ia melakukan hal ini, untuk menjauhkan pihak pihak yang tak bertanggung jawab, serta mereka yang berniat mengeksplorasi Vibranium, demi keuntungan mereka sendiri.
Wakanda telah berkali kali mengalami serangan yang mengancam sumber daya mereka, dan T’Chaka berkali kali telah berhasil mengatasi masalah ini.

Namun suatu ketika, datanglah sepasukan tak dikenal yang dilimpin oleh seorang tokoh bernama "Ulysses Klaw," tokoh ini adalah tokoh yang sama dalam film Avengers age of Ultron,

Yaitu seorang pedagang pasar gelap yang menjual Vibranium pada Ultron. Motif Ulysses tak lain dan tak bukan adalah untuk merebut gundukan Vibranium, untuk keuntungannya sendiri.

Awalnya Klaw adalah seorang ilmuan yang mengembangakan teknologi yang bisa msrubah suara menjadi senjata. Meskipun pasukan yang dipimpinnya
memiliki teknologi tersebut, mereka masih belum cukup tangguh dalam menghadapi para Wakanda, sehingga satu persatu mereka berguguran.

Melihat potensi kekalahan ada di depan matanya, Klaw menggunakan senjata rahasianya yang disebut "Sound Blaster," yaitu sejenis teknologi yang mampu mengubah suara menjadi energi fisik.

Dengan bantuan senjatanya, Klaw berhasil membunuh sang pemimpin T’Chaka, namun begitu ia menganggap kemenangan sudah berada dalam genggaman, tiba tiba T’Challa muda yang berniat membalaskan kematian ayahnya
Meraih Sound Blaster, dan menggunakannya pada Klaw. Terluka terkena serangan senjatanya sendiri, Klaw yang berantakan dan kehilangan satu tangannya mundur dan melarikan diri.

Wakanda selamat, namun mereka sadar, berikutnya akan ada lebih banyak lagi Klaw yang lainnya yang akan datang.
Berikutnya setelah kejadian tersebut, T’Challa dinobatkan menjadi seorang raja berikutnya. Namun karena ia masihlah di bawah umur, untuk sementara paman T’Challa mengambil tanggung jawab sebagai Black Phanter, tepat setelah berhasil menyelesaikan pelatihannya.

Setahun kemudian, begitu T’Challa sudah cukup umur, ia berpartisipasi dalam upacara pertarungan dalam upaya mendapatkan gelar Black Phanter. Dalam hal ini Ia harus berhadapan dengan pamannya sendiri,
Namun ia berhasil membuktikan dirinya dengan mengalahkan pamannya sementara peserta lainnya gagal.

Ia membuka topeng dan bersamaan dengan pamannya seluruh wakanda bersorak untuknya karena memang dia yang ditakdirkan sebagai pewaris tahta.
T’Challa menyelesaikan ritualnya, dan memperoleh sebuah herb berbentuk hati, yang menghantarkannya pada level super human, serta membantunya menjadi satu dengan Dewa Phanter beserta

Arwah Black Phanter sebelum dirinya. Akhirnya jadilah ia sebagai raja dari tanah tersembunyi Wakanda, alias Black Phanter.

Kemampuan dan kekuatan Black Panther, T’Challa:

Kebijaksanaan Black Phanter:
Terhubung dengan dewa Phanter beserta seluruh pendahulu Phanter sebelum dirinya, membuatnya memperoleh pengetahuan, pengalaman serta kekuatan dari mereka.

Kemampuan refleks, panca indra dan kelincahan setara manusia super:
Pengelihatan melampaui manusia normal, memberinya penglihatan yang jelas meskipun dalam jarak yang cukup jauh. Kemampuan mata inframerah, atau kemampuan menyerap sinar ultraviolet, membuatnya bisa melihat kedalam kegelapan total.

Kemampuan pendengaran super tajam, serta daya penciuman luar biasa membuatnya bisa mengingat dan mengenali berbagai bau dari setiap individu yang berbeda.
Mendeteksi rasa takut dengan memperhatikan perubahan aroma tubuh seseorang, ia mampu mengungkap identitas Dare Devil melalui bau badannya.
Reflexs super membuatnya mampu menghindari tembakan jarak dekat, serta tembakan diam diam dari Sniper.

Kecepatan dan kekuatan super:
Berkat singkronisasi dengan Dewa Phanter, memberinya kemampuan menjatuhkan lawan dalam waktu sper setengah detik, serta mampu bergerak melebihi kecepatan mata.

Stamina dan daya tahan super:
Struktur tubuh serta susunan syaraf yang unik sehingga memperkecil kondisi yang disebut dengan kelelahan, dan memperkecil kemungkinan tubuh menghasilkan racun yang dapat memicu kelelahan.

Stamina yang luar biasa, ditambah kapasitas paru paru yang melampaui batasan orang normal, serta struktur tulang dan juga otot yang mampu bertahan hingga ke tahap cidera yang cukup parah.
Kemampuan penyembuhan yang cepat, tahan terhadap penyakit, racun dan juga serangan gas.

Kecerdasan super, ahli Inventor:
Memiliki photographic memory, membuatnya menjadi salah satu dari 8 manusia terpintar di dunia, dengan kemampuannya ini ia berhasil menciptakan dan mengembangkan bidang ilmiah yang disebut Shadow Physics.

Tak ketinggalan juga kemampuan teknisi, yang membuatnya mampu menciptakan senjata senjata yang dapat menyaingi saingannya, serta kemampuan menduplikasi teknologi lainnya.

Kemampuan bertarung tingkat profesional.
Dilahirkan sebagai seorang petarung membuatnya selalu selangkah di depan siapapun. Ahli dalam berbagai bentuk bela diri, persenjataan, ahli taktikal, serta skaligus juga seorang pemburu.

Koneksi diplomatik serta sumber daya tanpa batas:
Sebagai seorang raja dari Wakanda, T’Challa msemiliki koneksi dengan semua orang penting yang ada di seluruh dunia. Sumber daya yang tak terbatas Dikarenakan Wakanda adalah surganya teknologi.

Persenjataan dan Armor.
Kostum Black Phanter terbuat dari vibranium, yang membuatnya tahan terhadap berbagai serangan. Mulai dari serangan fisik seperti pukulan, tembakan peluru, sabetan pisau, dan banyak lagi lainnya.

Cakar anti metal yang terdapat dalam kostum juga terbuat dari vibranium, yang mampu menyobek benda metal lainnya. Cakar ini juga mampu mengeluarkan energi berbentuk pisau kecil pula.

Sepatu peredam memungkinkan Phanter bertahan jatuh dari ketinggian sekalipun, serta mendarat seperti layaknya kucing. Dapat pula berfungsi sebagai senjata offensive maupun defensive.

Kostum Black Phanter juga mampu beralih ke mode pakaian normal, atau mampu juga menyrmbunyikan T’Challa dari pandangan.
Vibranium menghasilkan energi yang dapat dimodifikasi ke dalam bentuk apapun, biasanya mengambil bentuk pisau, layaknya permainan Darth, dapat pula meniru bentuk senjata apapun.

Catatan tambahan :
Berkencan dengan Monica Lynn, namun takpernah menikah.
Pernah menikah dengan Ororo Munroe alias Storm dari X-men.
Sempat kehilangan kemampuan Black Phanter, dan diragukan oleh seluruh Wakanda. Namun ia berhasil membuktikan dirinya kembali dengan mengalahkan Dewa Phanter sendiri.

Sempat kalah dari Doctor Doom, dan kehilangan kekuatannya. Namun berkat hubungannya dengan Phanter pendahulunya, serta bantuan dari seorang Sorcerer bernama Zawavari, ia menjadi jauh lebih tangguh dari sebelumnya.

T’Challa sempat menggantikan posisi Dare Devil untuk sementara karena Matt Murdock alias Dare Devil sendiri yang memintanya. Pada saat itu, Matt sedang mengalami masalah batin.

T’Challa adalah Phanter pertama yang memperlihatkan Wakanda pada dunia luar, sehingga Wakanda tak lagi tersembunyi.


Mampu mengalahkan Captain America dengan mudah, dan hampir selalu ditemani oleh Dora dan Milaje, yaitu dua gadis remaja dari klan saingan yang bertugas sebagai pengawal pribadinya, serta calon istri yang sedang dalam pelatihan.
Black Phanter juga merupakan bagian dari Avengers serta bekerja bersama mereka dari waktu ke waktu.

Musuh yang sering kali dihadapi oleh Black Phanter.
Ulysses Klaw : kemampuan mengontrol suara secara absolut.
Achebe: seorang petani miskin yang berubah jadi petarung gila, setelah melakukan perjanjian dengan iblis Mephisto.
Killmonger: seorang petarung yang super powerfull.
White Wolf: saudara angkat T’Challa.





Postingan terkait: