Mengenal lebih jauh permainan Dungeon and Dragon, asal mula dari game R.P.G modern.



Titans Grave logo. Sumber : geekandsundry.com

Update kali ini kita akan membahas tentang RPG tradisional Dungeon And Dragon. Tak seperti RPG modern, yang menyajikan kita unsur cerita lengkap, beserta paket gambar dan juga grafik yang memanjakan mata,
Dungeon and Dragon akan mengajak kita berfantasi serta mengarang cerita versi kita sendiri.

Hal yang paling unik dari Role Playing game adalah, semua yang terjadi dalam setiap sesi game R.P.G ada di dalam pikiran kita.


Gambar sebelah kiri dimana player sedang bermain tabletop RPG, sedangkan gambar sebelah kanan, adalah ilustrasi dari sesi permainan yang sedang dimainkan.
Sumber gambar : sisteringeek.com

Ketika sebuah permainan berlangsung, setiap orang setiap player, bahkan para penonton yang sedang menyaksikan sesi permainan sekalipun memiliki versi gambaran dunia mereka sendiri, versi bentuk imajinasi mereka sendiri.

1.Dasar dasar permainan.



Game Master Wil Wheaton
Sumber : youtube.

Sebelum memasuki sesi permainan, sebelum pengenalan setiap karakter yang dimainkan oleh player nanti, atau sebelum alur cerita mulai diperkenalkan,
perlu diketahui dasar dasar dari permainan itu sendiri. Pada dasarnya setiap sesi Dungeon and Drangon memiliki versi dan bentuk peraturannya sendiri.
Setiap peraturan yang berlaku merupakan peraturan yang telah disepakati antar player maupun D.M serta telah disesuaikan dengan situasi gameplay yang akan berlangsung nantinya.

Pertanyaan pertama. "Siapa D.M atau Dungeon Master itu??"
Saya ambil contoh sebuah DnD game series yang berjudul Titans Grave,
Dengan cast karakter serta serta Game Master sebagai berikut.
Game Master: Wil Wheaton 

Aankia diperankan oleh Hank Green, Lemley karakter milik Laura Bailey, S’lethkk tokoh dari Yuri Lowenthal, dan karakter yang terakhir yaitu Kiliel, diperankan oleh Alison Haislip.
Dungeon Master atau Game Master contohnya Wil Wheaton, adalah ia yang bertugas untuk menuntun dan mengarahkan player selama sesi permainan berlangsung.
D.M adalah pemimpin dari permainan, dan ia yang paling tahu semua rahasia yang akan ditemui player selama sesi permainan nantinya.

Semua unsur yang akan menyusun dunia D.N.D, baik itu Monster, jebakan, aliansi atau sekutu, hingga musuh atau enemy akan di atur oleh Dungeon Master atau Game Master.
Bisa dikatakan, Dungeon Master adalah penggabungan dari pengarah cerita, wasit dalam game, hingga host dalam hal ini adalah pembawa acara itu sendiri.

Tak seperti pengalaman menyaksikan cerita dalam Movie, game atau novel, player atau pendengar memiliki peranan penting dalam cerita, dan bahkan, mereka memiliki kuasa penuh untuk mengubah jalannya cerita dalam sesi permainan yang sedang berlangsung.
Tugas G.M atau D.M disini, adalah merespon segala keputusan/pilihan yang diambil oleh player, dan menyesuaikan arah jalannya cerita sesuai dengan keputusan player.

Ini artinya, permainan yang sama akan terus dilangsungkan oleh karakter yang sama secara terus menerus, namun jalan cerita yang bergulir akan selalu berbeda berkat pilihan yang diambil para player.

Beda halnya dengan game Console atau PC game yang terbatas bergantung pada program yang menyusun sistemasi gameplay itu sendiri,
Game DnD cenderung nyaris tanpa batas bahkan bisa berlanjut dan bersambung dari episode satu ke episode lainnya, dikarenakan berbasiskan imajinasi dari D.M dan Player.

2. Proses penciptaan karakter.




Gambar ilustrasi proses pembuatan karakter, sumber : youtube.

Proses ini dilakukan sebelum berlangsungnya sesi permainan (gameplay.) Seorang D.M harus mendiskusikan dengan player yang bersangkutan, menyangkut karakter apa yang hendak player mainkan.

Ada banyak ras karakter yang bisa dipilih player. Mulai dari Rouge, karakter yang ahli dalam kombat serta taktikal, atau wizard, penyihir yang mendedikasikan diri mereka untuk menggunakan kemampuan sihir yang dimiliki demi kebaikan,
Atau menjadi explorer yang tak henti hentinya bertualang dan menjelajahi dunia fantasi, itu semua terserah para player. Dan tugas dari D.M disini adalah,
untuk memfasilitasi player supaya dapat menceritakan seperti apa karakter karakter tersebut, serta membantu mereka mewujudkan karakter hasil rekaan mereka menjadi kenyataan.

Hal terpenting dalam karakter adalah mencatat setiap detail informasi, baik itu level kekuatan, kecerdasan, presepsi, atau armor apa yang karakter tersebut kenakan, bahkan kemampuan spesifik apa yang karakter tersebut miliki,
Ataupun Berapa tingkat level healt mereka. Semua informasi tersebut harus ditulikan pada lembar form atau yang disebut player sheet. Fungsi utama dari lembar formulir ini adalah,
untuk mempermudah baik player maupun D.M mengenali seberapa baik ataupun seberapa buruk karakter tersebut. Bagian mana karakter tersebut unggul, serta di bidang apa ia lemah.



Gambar karakter form sumber youtube. 

Angka angka statistik tersebut, nantinya juga akan mempengaruhi tingkat keberhasilan setiap karakter dalam upaya mewujudkan suatu tindakan.

Misalkan contoh :
Dalam Titans Grave, the ashes of valkana,
Ada empat karakter dengan tipe yang jauh berbeda.
Dua diantaranya akan kita jadikan contoh. Karakter pertama bernama "KILIEL" yang dimainkan oleh Alison Haislip, dimana karakter ini memiliki keunggulan pada level atletis yang memupuni.


Ilustrasi karakter KILIEL. sumber : youtube. 


Ilustrasi karakter S’LETHKK sumber youtube. 


Sedangkan karakter ke dua bernama "S’LETHKK" diperankan oleh Yuri Lowenthal, S'LETHKK termasuk dalam tipe karakter wizard, sehingga tingkat atletis bukanlah sesuatu yang penting bagi karakter ini. (Akibatnya tingkat atletis jauh lebih rendah dibanding karakter KILIEL.)

Nah apabila kedua karakter dihadapkan pada situasi genting seperti menghidari serangan belati yang dilemparkan ke arah mereka, (entah itu karena jebakan atau tembakan dari lawan,) bisa kita perkirakan tingkat keberhasilan karakter KILLIEL jauh lebih tinggi.
satu unsur yang paling penting dari permainan Dungeon and Dragon. Semua hal yang ada dalam game, ditentukan dengan hasil lemparan dadu.

Jadi sebelum kedua karakter memutuskan untuk menghindari sebuah lemparan belati, mereka harus melemparkan dadu terlebih dahulu, untuk melihat apakah usaha mereka berhasil ataukah gagal.

Ada tingkat nilai nominal tertentu, untuk dapat mencapai suatu keberhasilan. apabila hasil lemparan dadu berhasil mencapai nilai nominal tersebut, maka sudah dapat dipastikan usaha menghindari serangan lemparan belati, pasti mencapai keberhasilan.
Begitu pula sebaliknya. Apabila nilai hasil lemparan dadu tak mencapai nilai nominal, maka usaha dipastikan gagal, serta lemparan belati tak mengenai sasaran.
Dan karena menghindari serangan termasuk dalam kategori usaha yang memerlukan tingkat level atletis tinggi, maka secara otomatis hasil lemparan akan ditambahkan poin ketangkasan yang dimiliki kedua karakter.

Dalam hal ini, KILLIEL lebih unggul dari S’lethkk. Potensi keberhasilan
KILLIEL dalam menghindari lemparan belati jauh lebih besar dibanding S’lethkk.
Dalam konsep game D.n.D Titans Graves, diberlakukan sistemasi stand point, dimana 3 dadu dipergunakan, dan salah satu dari ketiga dadu yang berbeda warna dari kedua dadu lainnya, nantinya akan menentukan berapa nilai stand point yang dimiliki.
Sistemasi ini termasuk dalam kategori sistemasi opsional, yang bisa ditambahkan, atau dimodifikasi ataupun dihilangkan samasekali.

Penambahan peraturan tambahan juga bisa dilakukan. Misalkan dalam DnD Titans Grave. Diberlakukan sebuah peraturan tambahan, dimana apabila seorang player berhasil melempar dadu dengan pencapaian nilai "triple 6," (ketiga dadu menghasilkan nilai 6,)
Maka tindakan apapun yang dilakukan oleh player dalam usaha tersebut, akan selalu diingat oleh siapapun yang ada di valkana, sebagai kejadian heroik nan legendaris. (Untuk menambah ketertarikan game.)


3. Latar belakang waktu. (Seting waktu.)





Ilustrasi titans grave sumber youtube.

Terserah kita sendiri untuk menentukan kapan serta dimana terjadinya cerita dalam game. Ini bergantung pada seberapa kreatif serta imajinatif dan juga berpengalaman seorang D.M dalam menghasilkan cerita.

Entah kejadian dalam cerita berlatar pada masalalu, dimana belum ada teknologi, serta semua yang terjadi serba tradisional, atau cerita berlatarkan pada masa depan scifi atau sains fiksi, Atau mungkin keduanya.
Untuk menghasilkan cerita yang luar biasa menarik, diperlukan adanya inspirasi. Inspirasi bisa datang dari mana saja. Misalnya dari film, serial kartun, atau novel yang pernah kita baca.
Dalam kasus "Titans Grave," alur cerita terispirasi dari film berjudul Heavy Metal, serta kartun yang berjudul Thundarr the Barbarian.



Gambar ilustrasi world map Titans Grave sumber : imgur.com.

Cerita ini menggabungkan unsur modern Scifi, dengan tema pada abad pertengahan, seperti dalam kebanyakan kisah kisah novel lord of the ring. Berikut narasi ceritanya.
Selama berabad abad, terjadi perang yang melibatkan 3 ras makhluk hidup, mulai dari manusia, elf serta orc, menghadapi mahluk ras humanoid,(sejenis manusia kadal,) yang memiliki kemajuan di bidang teknologi.

Baik elf, orc maupun manusia, terpaksa harus menerima kekalahan mereka, dan merelakan
Ras baru ini memiliki Dominasi mutlak atas valkana.
Namun suatu hari terjadi suatu bencana, yang kalau tidak salah adalah kejadian yang dinamai langit jatuh, (setiap budaya memiliki versi berbeda mereka atas bencana ini.)
mengakibatkan punahnya peradaban yang ada di valkana.

Selama beberapa waktu, peradaban valkana menjadi gelap nan kosong.
kisah kembali berlanjut, diceritakan setelah terjadinya bencana tersebut,
Valkana memasuki era baru dimana setiap mahluk dari ras serta budaya yang berbeda, baik sihir maupun teknologi, hidup berdampingan satu sama lainnya. Jauh meninggalkan kisah lama.

Namun ternyata ada pihak yang tak menyukai perdamaian baru ini, dipelopori oleh tokoh yang menyebut dirinya the proveth one, (seorang penyihir wanita.) pihak ini mencetuskan ide untuk memurnikan peradaban yang ada.
Ia beranggapan, penyatuan antara budaya sihir dengan unsur teknologi adalah suatu tindak pencemaran dan penghinaan atas budaya sihir itu sendiri. 

Dengan mengajak kaum para penyihir untuk mengangkat senjata serta memulai kembali perang, serta memisahkan unsur sihir serta non sihir, bahkan melenyapkan mereka yang bukan penyihir.
Dan sekali lagi kejadian yang sama terulang kembali. Perang terjadi dimana mana. Kota kota maupun nyawa tak bersalah menjadi korban.

Tak perlu banyak waktu untuk setiap pihak yang menjadi korban untuk bersatu dan menghentikan kelompok pemberontak ini sekali untuk selamanya.
Akhirnya Pihak the proveth mengalami kekalahan dalam perang. Meskipun, untuk mengalahkan pihak pemberontak diperlukan kurun waktu beberapa dekade, bahkan menjatuhkan banyak korban jiwa.

Kekalahan the proveth, membangkitkan kembali apa yang disebut dengan perdamaian. Membangun kembali peradaban, kota kota, serta setiap komunitas kehidupan,  terbentuk kembali seperti awal mula sebelum terjadinya peperangan.
Namun ternyata,.... konflik tak berakhir begitu saja. Sisa sisa dari kelompok the proveth yang masih tersisa, masih melanjutkan agresi mereka, menyebarkan kehancuran serta kematian bagi siapa saja yang mereka temui.

sementara para pahlawan yang dulunya berjasa menghentikan kelompok pemberontak ini sudah lama tiada. dan bahkan... muncul ancaman baru dalam bentuk mahluk mahluk astral, yang mengancam keberlangsungan kedamaian dari Valkana.
Disinilah muncul empat sosok pahlawan baru, yang akan menjadi satu satunya harapan bagi perdamaian Valkana.

4. Pengenalan karakter.

Setelah proses pengenalan dan pemaparan cerita selesai, barulah kemudian sesi pengenalan karakter dimulai. Pada tahapan ini, setiap player diharuskan memperkenalkan karakter yang telah ia ciptakan di saksikan oleh D.M dan para player lainnya.
Fungsi dari sesi ini adalah, untuk lebih saling mengenal antara satu karakter dengan yang lainnya, sehingga lebih mempermudah sosialisasi serta kerja sama antar karakter.
Bicara soal karakter, Karakter yang baik adalah karakter yang memiliki asal usul yang jelas ataupun menarik. Dalam hal ini, diperlukan background story untuk membuat karakter tersebut jadi lebih realistis.

Tujuan serta motif utama karakter ikut serta dalam petualangan juga sangat penting untuk ditambahkan.
Misalnya karakter LEMLEY yang dimainkan oleh LAURA BAILEY.



Sumber gambar : pinterest.

ia digambarkan sebagai seorang gadis remaja berusia 17 tahun, ras manusia dan masuk sebagai class warrior. ditemukan dan di adopsi oleh kedua orang tua angkatnya, setelah sempat menjadi korban penculikan ketika ia masih kecil.
kedua orang tuanya meninggal, akibat kecelakaan ledakan. Dan kecelakaan ini berakibat cacat permanen pada tubuh LEMLEY, serta mengharuskan ia mendapatkan lengan dan kaki cybernetic pada bagian kanan tubuhnya.

Uniknya, LEMLEY memiliki senjata andalan pedang yang bisa ia keluarkan dari lengan kanan robotiknya, senjata ini ia namai Dr. Lobotomy lengkap dengan tulisan di atas permukaannya.
Kelebihan dan kekurangan juga penting. Karakter yang baik adalah karakter yang memiliki titik unggul serta titik kelemahan. Membuatnya jadi lebih realistis, serta menyeimbangkan unsur gameplay.

Karakter yang unggul dalam segala hal, tentunya akan menghilangkan keseruan dan ketegangan gameplay.
Player juga bebas memainkan karakter apapun, termasuk karakter yang berlawanan dengan gender si player. Semisal :

HANK GREEN memerankan karakter yang ia namai AANKIA, dan AANKIA sendiri adalah karakter dengan gender wanita, sedangkan HANK adalah pria. Hal ini sah sah saja untuk diberlakukan.



Sumber gambar : pinterest.

AANKIA bekerja sebagai seorang street performer,  ia ahli dalam bidang teknologi, dimana ia akan mempertontonkan pertunjukan  boneka robotik berukuran mini pada siapapun yang lewat di jalanan.
Masa lalu AANKIA terbilang kelam. Ia dibesarkan oleh seorang ayah, dan ayahnya sendiri adalah single father. suatu hari pertunjukan jalanan mereka mengalami bencana,
Terjadi kecelakaan kendaraan mobil yang menabrak ayah AANKIA, semua pupet robotik milik mereka jadi hancur berantakan, dan parahnya ayah AANKIA harus kehilangan nyawanya akibat kecelakaan tersebut.

Ia menyatukan semua sisa sisa sparepart robots yang masih tersisa dan meciptakan satu robot mungil bernama Jerremy. Jerremy adalah satu satunya sahabat AANKIA, sebelum ia bertemu LEMLEY.
AANKIA berusaha bertahan hidup di jalanan sambil menjalankan misinya, yaitu mencari dan membalas dendam pada orang yang tengah merenggut nyawa ayahnya.
Sedangkan karakter milik YURI LOWENTHAL, bernama S'LETHKK, ia setengah orc, character class: Wizard. Suatu ketika pada saat S'LETHKK masih muda, ia dikurung dan ditinggalkan sendirian dalam sebuah temple (sejenis bangunan suci),



Sumber gambar : pinterest.

sebagai bentuk ujian. S'LETHKK harus bertahan hidup di sana sendirian, dalam beberapa waktu. Dalam bangunan tersebut, S'LETHKK tak sengaja menemukan sebuah buku tua, dan dari buku tersebut ia belajar sihir.

Dan dari mahluk gaib misterius, ia memperoleh kekuatan sihir tersebut.
Begitu ia ditemukan kembali oleh komunitasnya, semua orang takut mendekatinya. namun untungnya tak banyak yang berubah dari perlakuan orang terhadap S'LETHKK.
Alasan utama ia berada dalam tim, ikut serta dalam permainan, adalah untuk mencari dan menemukan saudara orcnya yang hilang. Dalam usaha pencariannya, ia tak sengaja bertemu AANKIA dan LEMLEY.

LEMLEY mengajaknya bergabung dalam tim, karena ia rasa S'LETHKK kecil sangat lucu. Sehingga S'LETHKK bisa mulai berpartisipasi dalam tim pertunjukan jalanan.
Karakter terakhir bernama KILIEL, dan dimainkan oleh ALISON HAISLIP. ia setengah elf dan setengah dwarf. Ceritanya ayah biologis KILIEL menghilang dan tak pernah kembali, sedangkan ibunya menikah lagi.



Sumber gambar : pinterest.

Orang tua KILIEL memiliki toko yang menjual barang barang antik. Pertemuannya dengan karakter player lainnya, karena LEMLEY ingin tahu lebih banyak tentang asal usul satu satunya barang peninggalan orang tuanya. (Sejenis relic.)
Merasa memiliki nasib yang sama dengan LEMLEY, ia memutuskan untuk ikut serta dengan kelompok tersebut. salah satu alasannya adalah untuk mencari dan menemukan lebih banyak barang antik serta harta terpendam untuk dijual.

Namun sesungguhnya tujuan utama KILIEL adalah untuk mencari ayah biologisnya, serta kesempatan untuk berpetualang dan melihat dunia luar, mengingat ia tak pernah kemana mana. Jadi sudah dapat diputuskan oleh KILIEL, untuk bergabung dalam group boyband tersebut. :D

Rahasia:

Untuk dapat membuat jalan cerita makin atraktif, unsur rahasia juga bisa ditambahkan. Ini yang disarankan oleh Game Master: Wil Wheaton pada pada D.M lainnya.
Bicara soal konsep rahasia, ke empat dari karakter dalam serial RPG TITANS GRAVE, diperbolehkan untuk memiliki rahasia yang tak semua karakter tahu tentang hal tersebut.
LEMLEY : setengah bagian dan organ tubuhnya adalah cybernetic, dan hanya AANKIA yang tahu rahasia ini.

Dalam hal ini LEMLEY merasa bangga untuk memperlihatkan lengan dan kaki bionic miliknya, karena menambah kesan tangguh sebagai warrior class.
Namun di sisi lain, LEMLEY merasa malu memperlihatkan sebagian besar bahkan setengah dari organ fitalnya adalah cybernetic.
AANKIA: untuk dalam jangka waktu yang cukup lama, ia merasa tak akan pernah punya teman lagi.

Namun melihat ternyata ada orang yang mau mempercayakan rahasianya kepada dirinya, AANKIA merasa lebih baik.
S'LETHKK : YURI LOWENTHAL menganggap karakternya S'LETHKK diam diam berkomunikasi bahkan berdoa terhadap sosok astral yang memberinya kemampuan sihir tersebut.

Namun karena ia beranggapan bahwa hal seperti ini tak akan diterima oleh masyarakat umum bahakan teman temannya, ia memutuskan untuk merahasiakan kebiasaannya ini.
KILIEL: sesungguhnya ia tahu apa makna dari barang peninggalan milik LEMLEY. Namun ia tak mampu memberi tahu temannya tersebut, karena menurut keterangan orang tua KILIEL,
relic tersebut hanya dimiliki oleh jenis kelompok ras manusia yang dikenal mengerikan serta memiliki reputasi buruk, (Jahatt) dalam sejarah Valkana.

O.k sekian dulu untuk update kali ini, mau tahu lebih banyak tentang DnD, Titans Grave? Tonton video di bawah ini.



Sumber :

Postingan terkait: