15 hal berikut ini harus kamu ketahui sebelum membeli pes 2018 dan juga Fifa 2018.

Baik Antara Pes maupun Fifa franchise, telah bersaing satu sama lainnya dalam menyajikan simulasi olah raga sepak bola sejak lama.


Tak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini persaingan mereka terus berlangsung semakin ketat serta semakin sengit,

Dalam hal mengembangkan franchise milik mereka menjadi semakin realistis, guna meraih minat player.

Namun Sepertinya, tahun ini Fifa lebih unggul satu langkah dengan Pes Franchise.

O.k, Berikut ini kita akan membahas 15 hal yang harus diketahui, sebelum membeli Pes 2018 serta Fifa 2018, di mulai dari nomor 15.

15.  Fifa 2018 The Journey.

Dalam versi sebelumnya, "The Journey" adalah salah satu aspek yang membuat Fifa 2017 begitu menggoda di kalangan penikmat simulasi sepak bola.

Masih tetap mempertahankan strategi yang sama, dalam fifa 2018 kali ini, unsur The Journey akan diexsplorasi lebih jauh lagi.

Player kembali akan mengikuti kisah perjalanan karir "Alex Hunter", seorang pemuda 17 tahun yang berasal dari "Humble Roots" Clapham.

Digambarkan sebagai seorang anak yang memiliki darah football di dalam dirinya, Alex dibimbing oleh kakeknya beserta seorang pemain legendaris inggris Jim Hunter, (telah mencetak 20 goal selama musim 1966 - 1967)

menjadikan Alex sosok pemain junior yang cukup tenar di ranah sepak bola dunia. Peran Player disini adalah menentukan sejauh mana Alex bisa meniti karirnya sebagai atlet football profesional.

Menentukan Alex akan bergabung di klub apa, hingga apakah Alex akan memperoleh promosi serta dilirik sponsor yang lebih besar, ataupun kebalikannya,

Semua tergantung pilihan Player dan seberapa lihai Player dalam gameplay.  Dengan tambahan adegan adegan bergaya sinematik, memberikan player kesempatan mengalami seperti apa rasanya menjadi seorang pemain Profesional.

Penambahan unsur "The journey", sukses mengantarkan FiFa franchise selangkah lebih maju dibandingkan pesaingnya Pro Evolution Soccer.

14. Fifa Multiple leagues.

Jika pada Fifa 2017 The Journey hanya terintegrasi pada Premier League, kali ini The Journey akan terintegrasi dengan lebih dari satu Liga. Ini adalah salah satu bentuk upgrade dari The Journey.

Itu artinya Alex Hunter akan melakukan berbagai perjalanan dari Satu liga menuju liga lainnya, tergantung dari pilihan Player sendiri. Hal ini juga akan mempengaruhi jalan cerita perjalanan karir dari Alex hunter.

13. Fifa 18 Save Files.

Update lainnya yang tak kalah menarik adalah, import save files system. Yang mana apabila player sebelumnya memiliki progress file The Journey pada versi Fifa 17, payer diperbolehkan mengimport save files tersebut, sehingga bisa dilanjutkan kembali pada Fifa 18.

Jadi, player tak perlu takut kehilangan progress terdahulunya, terutama Versi Alex hunter masing masing Player. Lengkap dengan semua stat, Decision, progress story, semuanya bisa dilanjutkan kembali,

dikarenakan Fifa 18 mendukung fitur import save files. Satu lagi nilai plus dari Fifa 18, selain karakter, jalan cerita, hingga cinematic scene.

12. The Journey tak support Fifa 18 versi Nintendo Switch.

Ini informasi terpenting yang fatal jika dilewatkan oleh gamer yang ingin membeli Fifa 18. Apabila player yang bersangkutan tertarik untuk memainkan Fifa 18 hanya karena ingin merasakan seperti apa The Journey,

Disarankan untuk menjauh dari Fifa 18 versi Nintendo Switch. Untuk versi Nintendo Switch, aspek The Journey pada Fifa 18 ditiadakan.

Berbeda dengan versi Xbox one serta Versi Ps4, Fifa 18 untuk Nintendo Switch digarap dengan sedikit berbeda. Bukan berarti Fifa 18 versi Switch adalah versi yang buruk, melainkan hanya unsur The Journey ditiadakan.

11. Fifa 18 Career Mode.

Dengan berbagai upgarade selama setahun belakangan ini, Fifa 18 menjadi jauh lebih atraktif dengan audience, serta menjadi lebih dari sekedar game sepak bola semata.

Berdasarkan pengakuan pihak pengembang, mereka menganggap Career Mode tak cukup mengalami peningkatan pada Versi Fifa 17. Untuk menjawab hal itu, pihak developer mempertimbangkan untuk menambahkan detail yang sebelumnya tidak ada pada versi Fifa 17,

Sehingga terciptalah versi Career mode yang jauh lebih atraktif, memberikan pengalama bermain simulasi sepak bola pada tingkat yang lebih baik lagi.

10. Fifa 18 Cinematic Interactions.

Bicara soal peningkatan, salah satu unsur peningkatan yang disematkan pada Fifa 18, yang mana benar benar memberikan perubahan signifikan ialah unsur "cinematic interactive".

Konsep ini menyerupai  unsur cutscene yang banyak dijumpai pada game game actions jaman sekarang. Unsur ini bukan hanya sekedar menambah kesan simulasi olahraga football ini jadi makin realistis,

Namun juga, memungkinkan ditambahkannya unsur narasi atau jalan cerita. Misalkan dalam career mode, player dapat menjumpai interaksi percakapan antara manager dengan pemain yang bersangkutan. Ataupun terjadi dialog antar agent yang mencapai kesepakatan,

saat transfer pemain berlangsung, disinilah peran player menentukan kemana arah interaksi akan berlangsung. Begitu pula dengan penambahan adegan cinematic tv representation, (jumpa pers dengan reporter), bukannya sekedar deskripsi teks belaka.

9. Fifa 18 life substitutions.

Atau bisa diartikan sebagai penggantian pemain secara langsung. Dibandingkan dengan mendapatkan menu daftar pemain yang bisa player gunakan untuk proses pergantian pemain secara manual,

Dalam Fifa 18, konsep menu Substitutions akan digantikan dengan sistemasi Life Substitutions. Yang artinya, akan ada interaction button pada gamepad, di mana fungsinya adalah untuk memicu interaksi antar pemain,

Baik itu pemain di bangku cadangan ataupun yang sedang bermain.

8. Fifa 18 wonder goal.

Yang dimaksud dengan Wonder Goal disini adalah moment dimana terjadi adegan player mencetak goal dengan versi slow motion yang mendebarkan.

Sesungguhnya moment Yang paling ditunggu tunggu dari para penggemar bola, adalah ketika menyaksikan replay slowmotion hasil cetakan Goal pemain favoritnya.

Dan sepertinya EA tahu betul akan hal ini. Untuk memberikan pengalaman bermain simulasi olah raga football yang lebih nyata, aspek wondergoal ditambahkan.

"Lalu bagaimana caranya memicu Wonder Goal,,??"

Kuncinya ada pada space serta Timing yang tepat. Apa bila player berhasil mengeksekusi tendangan pada jarak beserta waktu yang tepat. Maka akan memicu wonder goal, kemungkinan mirip dengan sistem Q.T.E (Quivk Times Even atau semacamnya).

7. Pes 18 Slower gameplay.

Jika sebelumnya Pes identik dengan tipe permainan yang bertempo cepat, kali ini Pes memperoleh update berupa "Slower Gameplay", yang mana mode ini akan ditambahka  pada moment moment tertentu.

Misalkan ketika mengoper bola dan melangsungkan serangan ke gawang lawan, ataupun sebaliknya untuk memberi kesempatan bagi pemain lain dalam memikirkan tindakan deffendsive.

Slower Gameplay dimaksudkan untuk menambah unsur taktikal dalam Pes 18.

6. Pes 18 improved A.I.

Tentu saja Artivicial Intelegence adalah unsur terpenting dalam sebuah game simulasi, terutama pada Fifa maupun Pes franchise sendiri.

Pes 18 kali ini bermaksud memberikan pengalaman simulasi olah raga sepak bola yang lebih nyata, melalui peningkatan kualitas A.I atau kecerdasan buatan, sehingga didapat pengalaman bermain seolah berhadapan dengan orang sungguhan.

Berbagai peningkatan tersebut meliputi, peningkatan kemampuan pertahanan, overlapping, fluidrun, hingga peningkatan tingkat agresifitas goal keeper.

5. Pes 18 tendangan bebas dan penalties.

Berbeda dengan rivalnya Fifa yang sudah memberlakukan sistemasi Free - kick dan Penalties yang telah ditingkatkan, Pes baru memberlakukan perombakan pada sistemasi Free - Kick Beserta Penalties,

Guna memberikan kualitas permainan simulasi yang jauh lebih baik. Cukup menarik untuk memberi player kesempatan menjajal seperti apa cara kerja sistemasi terbaru tersebut.

4. Pes 18 perubahan pada Sistem Dribbling bola.

Perombakan yang satu ini nantinya akan memberikan Player cara menggiring serta mengolah bola dengan cara yang sedikit berbeda.

Kali ini Player dapat menggunakan kedua stick pad, untuk melakukan gerakan dribbling misalnya "Shielding ball", guna mengecoh lawan yang hendak merebut bola sehingga player berhasil menerobos pertahanan lawan.

Dan sepertinya Konami berhasil menyelesaikan animasi ini dengan sangat sempurna, guna menyelaraskan animasi pergerakan pemain dengan keinginan serta skenario dari player yang bersangkutan.

3. Pes 2018 real touch +

Dimaksudkan untuk memperoleh animasi pergerakan yang jauh lebih realistis. Sistem Real touch plus ini memungkinkan player untuk mengendalikan serta mengolah bola dalam kondisi apapun.

Baik pada saat melakukan Dribbling, tacling, standing, ataupun Shooting.

2. Pes 18 More Physical Gameplay.

Yang dimaksud more Physical Gameplay adalah, lebih banyak animasi benturan fisik antara pemain. Entah itu adegan saling tacle, benturan antar bahu, hingga adegan perebutan bola yang memungkinkan terjadinya benturan lutut dengan lutut.

Tentunya hal seperti ini yang sering kita saksikan dalam ajang pertandingan sepak bola di dunia nyata.

1. Pes 18 improve Master League.

Sama kasusnya seperti Fifa 2018 Career mode. Pes juga memberlakukan perombakan besar besaran pada aspek Master League.

Berbagai unsur yang akan menarik minat Player seperti, Player ikut serta mengambil bagian dalam ajang PreMatch interview, atau kesempatan menyaksikan pertemuan langsung bersama Manager tim milikmu, di ruang ganti pakaian.

Peningkatan lainnya sesungguhnya tak terlalu menarik namub tetap berarti, seperti peningkatan sistemasi transfer pemain, serta pencantuman ajang pretournament.

Sumber referensi :

Gamingbolt, Fifa and Pes 18 15 thing ABSOLUTELY you need to know before buy.















Postingan terkait: